TINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN, PDAM TIRTA AYU OPTIMALKAN TEKNOLOGI


Oleh EW, 26 March 2021
Sumber: tegalkab.go.id

Slawi- Perumda Air minum Tirta Ayu Kabupaten Tegal dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan mengedepankan optimalisasi dan pemanfaatan teknologi apalikasi GIS dan SCADA.

Aplikasi GIS merupakan Aplikasi pengumpul data spasial yang menjadi pedoman dalam perencanaan penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) dan sistem pendataan identifikasi perpipaan secara digital untuk memudahkan pelaksanaan operasional.

Demikian disampaikan Dirut PDAM Tirta Ayu Kabupaten Tegal yang diwakili Kepala Bidang Hubungan Pelanggan Afif Gunarso dalam acara Talkshow  Bincang Kreatif yang di hadiri Joko Yulianto Kepala Cabang Bank Mandiri Slawi , Nurarif Suswandi Kepala Cabng PT Teleanjar Indonesia Cabang Tegal yang disiarkan secara langsung di Studio Radio Slawi FM dan kanal Youtube pemkab Tegal pada Selasa 23 Maret 2021.

Aplikasi GIS bagi Perumda Air Minum Tirta Ayu adalah sebagai pengumpul data persebaran sambungan rumah terkait informasi pelanggan aktif dan potensi pelanggan serta sebaran tunggakan rekening pelanggan” Kata Afif Gunarso.

Disamping itu manfaat lainya dapat memberikan informasi pola pemakaian air pelanggan secara visual di semua wilayah pelayanan yang meliputi jumlah pelanggan Aktif, jumlah tunggakan pembayaran tagihan dan pemakaian air oleh pelanggan. Ujarnya.

Sambung Afif, Adanya aplikasi GIS dapat menghindari kesalahan baik dalam estimasi potensi, perencanaan SPAM dan juga menghindari adanya tumpeng tindih dalam pengelolaan sumber daya alam lain dan manfat bagi calon pelanggan baru dapat memberikan kepastian terkait pemasangan menjadi pelanggan.

Kemudian manfaat bagi Pemerintah Daerah dapat memberikan data yang akurat berkaitan dengan data administratif dan fisik, dan mempengaruhi analisis ditingkat operator maupun manager lebih akurat yang berpengaruh positif terhadap pendapatan perusahaan sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan Asli Daerah. Jelasnya.

Pada kesempatan lain Kepala Cabang Bank Mandiri Cabang Slawi menyampaikan, Pihaknya telah bermitra dengan Perumda Tirta Ayu Kabupaten Tegal, oleh karena itu pihaknya akan membantu dalam proses pembayaran tagihan pelanggan yang sudah memiliki rekening Bank Mandiri maupun yang belum memiliki rekening melalui chanel-chanel pembayaran yang telah disediakan oleh bank mandiri.

Sementara dari Kepala Cabang PT Teleanjar Indinesia Cabang Tegal menjelaskan, bahwa PT Teleanjar adalah perusahaan Penyedia Aplikasi pembayaran secara online baik melalui Komputer/PC maupun HP, jadi masyarakat bisa memanfaatkan hpnya untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM secara online yang lebih mudah dan praktis . Katanya (Diskominfo Kab. Tegal/Ew)