Kompetensi
digital adalah pemikiran, kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan
terkait penggunaan teknologi digital.
Selama beberapa tahun
terakhir, beberapa istilah telah digunakan untuk menggambarkan kompetensi
dalam menggunakan teknologi digital
sebagai sumber daya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, kreatifitas dan
inovasi, seperti
keterampilan TIK, literasi informasi dan literasi digital, dan keterampilan
digital. Kompetensi digital juga menyelidiki keterampilan digital yang diperlukan
melalui budaya partisipatif, menekankan keterampilan sosial daripada
keterampilan individu, perubahan masyarakat dan budaya berdasarkan teknologi
baru. Pemerintah harus tanggap dalam melakukan upaya untuk
mengidentifikasi dan mengkonseptualisasikan
keterampilan dan kompetensi yang diperlukan masuk
dalam standar
pendidikan. Selain itu, kompetensi digital terkait juga dengan kebijakan normatif, mewakili
tujuan yang ingin dicapai.
Istilah
kompetensi lebih banyak digunakan daripada keterampilan, karena
mencerminkan kebutuhan
akan lebih luas dan lebih mendalam. Hubungan antara kompetensi dan keterampilan didefinisikan bahwa kompetensi lebih dari sekadar
pengetahuan dan keterampilan
yang melibatkan
kemampuan untuk memenuhi tuntutan yang kompleks, dengan memanfaatkan dan memanfaatkan
sumber daya dalam
konteks tertentu. Kompetensi
digital tidak hanya terdiri dari keterampilan digital tetapi juga aspek sosial
dan emosional untuk menggunakan
dan memahami perangkat digital. Komisi Uni Eropa telah mendefinisikan
kompetensi digital sebagai tindakan yang melibatkan penggunaan TIK dengan percaya diri dalam
komunikasi, pekerjaan, pendidikan dan hiburan yang didasarkan pada ketrampilan
dasar untuk mengambil nilai, menyimpan data dan informasi, produktivitas,
berbagai pakai data dan partisipasi aktif secara kolaboratif melalui jaringan
internet dengan berbagai entitas di penjuru belahan dunia (Punie & Cabrera,2006).
Menurut Morin (2001), setiap individu setidaknya
memiliki 4 kompetensi inti yang harus dimilikidi era digital, yaitu (1)
memiliki wilayah
pemikiran strategis dan kompleks, dengan kata lain, dialogis, rekursif dan
berdasarkan 'prinsip
hologram', yang mengacu pada kemampuan untuk memuat seluruh informasi, di
setiap partikel
tunggal dari semua; (2) bidang
keterampilan teknis-metodologis yang mungkin memiliki tingkat dan derajat yang
berbeda penguasaan
tetapi yang masih membutuhkan pelatihan transversal dan luas mengingat
meresapnya teknologi
digital dalam kehidupan kita; (3) bidang keahlian yang terkait dengan penerapan
identitas planet yang didukung oleh proses
“globalisasi” yang semakin kuat, mampu memikirkan pembangunan lokal sebagai pengembangan masyarakat dan bukan
hanya sebagai spekulasi ekonomi; (4) bidang kompetensi digital, atau
budaya digital yang lebih baik, yang diperlukan untuk bergerak secara sadar dalam sistem
yang bergeser antara peluang demokrasi dan inovasi
digital dan risiko bentuk baru totalitarianisme teknologi yang dibuat dimungkinkan oleh penggunaan
propaganda politik yang tidak dapat dibenarkan oleh internet.
Penerapan
teknologi baru bukan berbicara tentang teknologi yang harus menjadi pusat melainkan
sejatinya adalah manusialah yang menjadi pusat perhatian dan komando. Dalam hal ini,
banyak tantangan yang harus dihadapi dari perkembangan teknologi. Kemajuan AI,
teknologi web semantic dan dan
peningkatan realitas akan memungkinkan pasar, menciptakan lingkungan kolaboratif yang
semakin terfokus pada
peningkatan user
experience,
kontekstual dan dimensi
sosio-relasional. Proses ini memperkuat peran modal sosial yang menjadi tempat dan proses pembangunan
pengetahuan dan sosial dengan menciptakan peluang
dan menimbulkan
tantangan baru bagi knowledge economy dan
inovasi sosial dalam jejaring digital.
Masyarakat
digital dengan jaringan
global membutuhkan subjek untuk mematangkan kesadaran baru yang bergerak
dalam hubungan ruang publik virtual dengan tuntutan pendidikan yang relevan. Sistem pendidikan dihadapkan pada
tantangan baru, bukan hanya transmisi pengetahuan tetapi pembentukan
subjektivitas yang mampu (1) mengekspresikan
diri melalui bentuk hubungan dan komunitas baru, di antaranya digital mediasi sekarang menjadi komponen
yang tak terelakkan; (2) memahami
refleksi dari konstruksi identitas yang ditentukan dengan menjalani web,
mengatasi dikotomi
real-virtual, karena mereka adalah dua wajah dari medali yang sama yang konsekuensi selalu dan dalam hal
apapun bergema di 'di sini dan sekarang' dari kehidupan kita sehari-hari;
(3) untuk
mengantisipasi kemungkinan masa depan organisasi sosial dan ekonomi yang
tenggelam dalam sistem
yang bergejolak dalam menghadapi perubahan luar biasa dalam tindakan. Oleh karena itu, perkembangan
teknologi harus sejalan dengan pembangunan manusia yang integral.
Pemikiran yang holistik merupakan modal dasar manusia
dalam mengarungi disrupsi digitalisasi.
Aspek ini mencakup pemikiran strategis dan kompleks, yang menyeluruh
pada sebuah fenomena yang terjadi pada dunia digital ataupun inovasi
digitalisasi. Masyarakat memahami dengan baik dan benar bahwa digitalisasi
merupakan cara pandang baru yang tidak terpisahkan dari manusia saat ini.
Ketrampilan teknis dan metodologis ini sangat dibutuhkan dalam dunia digital
mengingat perkembangan digital yang sangat cepat, luas dan disruptif. Dalam hal
ini dapat memungkinkan terjadinya tingkat penguasaan yang berbeda dalam
masyarakat sehingga diperlukan adanya literasi digital dalam masyarakat.
Kolaboratif multidisiplin ilmu menjadi bagian dalam kompetensi untuk
menciptakan inovasi digital dalam menyelesaikan permasalahan yang komplek baik
isu lokal, nasional dan global. Digitalisasi sangat memungkinkan untuk
kolaborasi antara disiplin ilmu bahkan tanpa terbatas ruang dan waktu. Era
digital menjadikan masyarakat mudah dalam mengakses informasi penelitian dari
berbagai macam disiplin ilmu. Memamahi budaya digital adalah unsur yang
mendasar pada masyarakat digital itu sendiri. Budaya digital menjadi pendorong
masyarakat berubah menjadi masyarakat digital. Saat ini, kehidupan masayarakat
kita sangat dipengaruhi oleh digitalisasi. (Capogna dkk, 2018)